Terus Didorong OJK, Penyaluran KUR Tembus Rp11,28 Triliun

YOGYA, KRJOGJA.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Industri Jasa Keuangan (IJK) di DIY tetap dapat memberikan keringanan atau kemudahan kepada debitur yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam hal ini, OJK DIY terus mendorong perbankan meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna membangkitkan dan memberikan stimulus kepada sektor usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala OJK DIY Parjiman mengatakan terkait dengan upaya pemerintah utk segera membangkitkan sektor dunia usaha khususnya UMKM termasuk KUR, OJK telah mengeluarkan kebijakan stimulus perekonomian sebagai kebijakan ‘countercyclical’ dampak penyebaran virus Korono. Seluruh IJK di DIY baik perbankan maupun non perbankan yang antara lain memberikan keringanan kepada debitur terutama debitur UMKM untuk melakukan restrukturisasi kredit atau pembiayaan.

” Implementasi dari kebijakan ini telah dilakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan sebanyak 179.198 debitur dengan jumlah total fasilitas sebesar Rp11,28 triliun di wilayah DIY hingga 4 Juni 2020. Jumlah tersebut mayoritas debitur UMKM termasuk KUR mencapai 80 persen,” tutur Parjiman kepada KR, Selasa (9/6).

Parjiman menyampaikan data restrukturisasi penyaluran KUR yang dilakukan oleh IJK di DIY tersebut sudah berjalan dan telah terealisasi hingga 80 persen. Sedangkan penyaluran KUR secara nasional lebih besar lagi mencapai 7,75 juta debitur dengan jumlah fasilitas Rp325,73 triliun.

” Secara umum kondisi perbankan di DIY masih kondusif ditandai dengan rasio Aset Likuid terhadap Non-Core Deposit (AL/NCD) sekitar 80 persen. Kemudian Aset Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) sekitar 25 persen masih diatas jumlah tertentu atau threshold masing-masing sebesar 50 persen dan 10 persen” tandasnya.

OJK DIY mengharapkan kepada IJK di DIY tetap dapat memberikan keringanan atau kemudahan kepada debiturnya dengan kondisi kesehatan perbankan yang kondusif. Apalagi dengan akan adanya program subsidi bunga dari pemerintah yang petunjuk pelaksanaannya sedang difinalisasi saat ini.

“Kami harapkan perbankan di DIY yang ditunjuk menyalurkan KUR bisa lebih mengoptimalkan penyalurannya agar bisa membantu debiturnya agar segera bangkit,” imbuh Parjiman. (Ira)

“Kami harapkan perbankan di DIY yang ditunjuk menyalurkan KUR bisa lebih mengoptimalkan penyalurannya agar bisa membantu debiturnya agar segera bangkit,” imbuh Parjiman. (Ira)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *