Suasana Black Friday di Tengah Merebaknya Corona

Jakarta – Gelaran Black Friday tahun ini bergulir di tengah protokol kesehatan ketat seiring pandemi COVID-19 yang melanda. Walmart Inc hingga Best Buy, yang merupakan peritel besar menugaskan personel tambahan untuk menjaga penerapan protokol kesehatan.

Melansir Reuters, Jumat (27/11/2020), petugas dengan rompi oranye mulai bertugas di toko-toko tersebut. Mereka mengukur suhu pembeli hingga menegaskan ke pembeli untuk mengambil barang yang mau dibeli tanpa mencobanya, upaya ini dilakukan untuk mencegah pembeli berlama-lama di lorong toko.

Sementara itu, Walmart membuka toko pada jam 5 pagi pada hari Jumat, mengarahkan pembeli untuk berjalan dalam satu lajur, dengan hanya ada satu pintu masuk dan juga keluar.

Kemudian Best Buy membuka toko jam 5 pagi, memperkenalkan pembayaran mandiri tanpa kontak. Strategi yang mereka lakukan adalah menggandakan jumlah tempat parkir untuk membuka layanan Drive Up. Atau mirip-mirip layanan Drive Thru pada restoran.

Secara tradisional, Black Friday, dilakukan sehari setelah Thanksgiving. Di hari itu masyarakat melakukan pesta belanja besar-besaran dan para peritel memberikan diskon gila-gilaan.

Pantauan pada toko Walmart yang ada pada LaGrange di Kentucky menunjukan pembeli harus berbaris dengan jarak untuk memasuki toko dan belanja. Sementara itu, toko yang menjual konsol game komputer populer memiliki antrean terpanjang saat para gamer fanatik mencoba mendapatkan PlayStation 5.

Federasi Ritel Nasional AS (National Retail Federation/NRF) memperkirakan penjualan ritel liburan AS akan meningkat antara 3,6% dan 5,2% selama 2019.

Berdasarkan survei Adobe Analytics , 50% masyarakat di AS berharap untuk berbelanja online pada Black Friday. Meskipun 75% konsumen akan tetap memanfaatkan penjualan musiman, yang dimulai awal tahun ini.

Namun, 55% konsumen melaporkan bahwa penjualan pada akhir pekan Black Friday terasa kurang spesial karena promosi menjelang acara tersebut tidak dilakukan seperti biasanya.(hns/hns)

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *