Wisata Sehat, Komunitas Malioboro Jamin Keamanan Pengunjung

YOGYA, KRJOGJA.com – Komunitas Malioboro siap menjamin keamanan pengunjung selama berwisata di kawasan Malioboro. Selain komitmen menerapkan protokol bagi para pelaku, mereka secara berkala juga akan menyemprotkan disinfektan di area publik sepanjang Malioboro.

Koordinator Komunitas Malioboro Bersatu Slamet Santoso, mengungkapkan pihaknya bersama 14 komunitas yang ada sepakat untuk rutin menggelar kerja bakti berupa menyemprotkan disinfektan. “Seminggu tiga kali yakni tiap Minggu, Selasa dan Jumat. Semuanya kami lakukan secara swadaya untuk menjaga keamanan pengunjung, terutama rekan-rekan pedagang, pengayuh becak, pengasong, seniman dan para pelaku lainnya,” ungkapnya di sela penyemprotan disinfektan, Minggu (6/12/2020).

Di samping itu, upaya tersebut juga bagian dari keprihatinan atas melonjaknya kasus konfirmasi positif Covid-19 di DIY yang terjadi belakangan ini. Dengan aksi dari Komunitas Malioboro Bersatu diharapkan mampu menekan laju pertambahan kasus di DIY, khususnya potensi penularan di Malioboro.

Slamet mengaku, anggota komunitas di Malioboro selalu menerapkan protokol umum pencegahan Covid-19. Terutama tidak pernah melepas masker, rutin mencuci tangan dengan sabun serta saling menjaga jarak satu sama lain.

“Wastafel juga telah kami sediakan di sepanjang Malioboro. Para PKL juga rutin memantau air maupun sabunnya sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu,” akunya.

Meski demikian pihaknya akan terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan jajaran anggotanya sampai akhit tahun. Menurutnya, disiplin protokol tidak bisa dilonggarkan apalagi wisatawan sudah mulai berdatangan. Libur panjang akhir tahun ini pun diprediksi Malioboro bakal dipadati wisatawan luar daerah. Dengan begitu, semua pihak harus bisa saling menjaga agar tidak terpapar oleh virus.

“Kami sebagai pelaku wisata pasti mengharapkan kunjungan wisatawan, tetapi aspek kesehatan di tengah pandemi ini juga tidak bisa disepelekan. Harapan kami wisatawan juga menerapkan protokol kesehatan selama berlibur di sini,” katanya.(Dhi)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *