Hari Ini Puncak Harbolnas 12.12, Buruan Belanja!

Jakarta – Hari ini 12 Desember 2020 merupakan puncak perayaan hari belanja nasional atau Harbolnas 12.12. Toko online memberikan potongan harga besar-besaran untuk para pembeli setianya.

Selain diskon besar-besaran, biasanya pembeli juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti gratis ongkos kirim hingga cashback. Tapi semuanya ada syarat dan ketentuannya ya.

Executive Director Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Arshi Adini menjelaskan, lebih dari 200 e-commerce telah mendaftar untuk program Harbolnas 12.12 ini. Nantinya, idEA akan menyortir e-commerce mana saja yang dapat berpartisipasi dalam program tersebut.

“Yang daftar kita 200 lebih, 240-an yang daftar tapi nanti kita sortir, kita validasi. Kalau mereka melakukan promo, platformnya ada, bener, itu baru dia lolos validasi jadi idEA melakukan validasi,” katanya kepada detikcom pekan ini.

Dia mengatakan, sejumlah platform besar turut meramaikan program tahunan diskon besar-besaran tersebut.

“Ada Traveloka, Bukalapak, Lazada, Blibli, ada JDid terus ada rata-rata semua masuk, Shoppe masuk, Tokopedia belum,” ujarnya.

Arshi Adini menjelaskan, dalam gelaran Harbolnas 12.12 sejumlah platform e-commerce akan memberikan diskon hingga 75%. Tak cuma itu, dalam program ini Bank Mandiri juga memberikan promo berupa potongan Rp 75 ribu untuk pembelian minimal Rp 150 ribu bagi yang menggunakan kartu kredit atau debit Mandiri.

“Jadi pertama diskonnya up to 75% dan juga di sini misalnya sudah diberikan promo marketplace dari platform-platform setiap pembelian Rp 150 ribu langsung dapat potongan Rp 75 ribu dari Mandiri. Jadi ada tambahan double promo Harbolnas sekarang,” terangnya.

Arshi menambahkan, diskon hingga 75% merupakan patokan dari asosiasi. Platform e-commerce bisa memberikan diskon lebih dari itu.

Bukan hanya itu, dia menuturkan, ada juga promo berupa ongkos kirim (ongkir) yang disediakan platform.

“Ada yang lebih, ada yang bisa 90% ada, cuma itu kita kasih standar, standarnya mereka harus mengeluarkan seperti itu sehingga ada daya tarik lain,” terangnya.

Masih kurang? Dalam acara ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memberikan promo berupa potongan Rp 50 ribu di platform tertentu.

“Satu lagi dikasih voucher Kemenparekraf khusus platform-platform tertentu itu potongan langsung Rp 50 ribu bisa dipakai double promo. Jadi ada dua dari Mandiri ada, dari Kemenparekraf ada,” ujarnya.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *