Sosialisasikan Larangan Mudik, 995 Polisi Diterjunkan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Polda DIY menyelenggarakan operasi dengan sandi Operasi Keselamatan Progo 2021. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, operasi kali ini salah satunya juga untuk sosialisasi larangan mudik.

Sebanyak 995 personel, diterjunkan selama operasi yang berlangsung 14 hari terhitung mulai 12 hingga 25 April 2021. Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK MH MSi mengatakan, dalam operasi tersebut, jajarannya akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Operasi juga disertai tindakan persuasif dan humanis untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menerapkan protokol kesehatan, sekaligus sosialisasi larangan mudik pada Lebaran tahun ini,” ungkap Dirlantas usai mengikuti gelar pasukan di aula Mapolda DIY, Senin (12/4/2021).

Apel pasukan, dipimpin oleh Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar MSi. Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK menambahkan, 995 anggota yang diterjunkan, terdiri dari 200 personel anggota Polda DIY, Polresta Yogyakarta 185 personel, Polres Sleman 180 personel, Polres Bantul 150 personel, Polres Kulonprogo 140 personel dan Polres Gunungkidul sebanyak 140 personel.

Target operasi adalah masyarakat terorganisir, masyarakat tidak terorganisir, pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan prokes. Lokasi operasi berada di penggal jalan, daerah rawan laka, rawan pelanggaran dan kemacetan, di persimpangan jalan serta tempat berkumpulnya masyarakat.

Kabid Humas menambahkan, selain sosialisasi larangan mudik, sasaran operasi adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengganggu keamanan dan kelancaran berlalulintas. Sedangkan target operasi yakni menyasar para pengguna jalan, antara lain pejalan kaki, penumpang serta penyebarang jalan. Sasaran lain yakni kegiatan masyarakat di tempat umum yang berkerumun atau berkumpul di lokasi tertentu.(Ayu)

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *