Pembangunan Jalur KA Bandara 86 Persen, Ke Wates Hanya 39 Menit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ir Heru Wisnu Wibowo mengatakan, saat ini perkembangan pembangunan jalur kereta api (KA) Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) sudah mencapai 86 persen. Adapun pengerjaan fisik yang sedang fokus dikerjakan bagian atas rel sementara struktur bawah rel sudah hampir rampung.

Pengerjaan struktur atas jalur rel KA YIA yang dibangun sepanjang sekitar 39 kilometer (km) tersebut menjadi fokus pekerjaan fisik saat ini. “Progres sudah mencapai 86 persen. Memang pengerjaan struktur bawah sudah hampir mencapai 90 persen. Yang masih tertinggal ini bagian atas. Jadi, ada penggelaran ‘ballast’ bantalan dan pemasangan rel. Itu sudah dimulai, targetnya Juli selesai,” kata Heru Wisnu Wibowo, Rabu (14/4/2021) malam.

Setelah pembangunan fisik rampung, selanjutnya melakukan tes dan uji ‘commissioning’ jalur rel KA YIA. “Setelah tes dan uji commissioning, kami uji coba ‘running rest’ di awal Agustus dan nanti insya Allah di tanggal 17 Agustus 2021 akan beroperasi secara komersial,” jelasnya.

Pembangunan rel KA YIA merupakan fasilitas akses bagi warga dari Yogja yang menuju YIA. “Sebetulnya tujuan kita membangun kereta api bandara YIA adalah memberikan akses kereta api ke YIA. Seperti diketahui, kalau kita naik mobil misalnya dari Yogja waktunya bisa satu jam lebih,” tuturnya.

“Dengan kereta cukup waktu 39 menit. Jalur rel YIA panjangnya sekitar 39 km. Jadi kecepatan rata-rata 100 kilometer perjam,” kata Heru Wisnu menambahkan selain jalur ka, disiapkan juga akses antarmoda bandara.(Rul)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *