Hari Pertama Operasional Normal, 7.000 Penumpang Padati YIA

KULONPROGO, KRJogja.com – Tercatat 7.000 penumpang memadati Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakart (YIA) pada hari pertama operasional normal bandara pascapengetatan mudik Lebaran yang berlaku 6-17 Mei 2021.

“Sejak tadi pagi YIA memang padat penumpang baik datang maupun berangkat. Saya monitor jumlah penumpang kedatangan sebanyak 3.490 orang dan 3.600-an yang berangkat. Ada pergerakan penumpang sekitar 7.000 orang untuk hari ini,” kata Pejabat Tugas Sementara (PTS) General Manager (GM) YIA, Agus Pandu Purnama, Selasa (18/5).
Diungkapkan, ribuan penumpang tersebut dilayani 60 penerbangan dari berbagai rute. Paling banyak dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

“Dominasi rute ke Jakarta atau Cengkareng sebanyak 30 pergerakan pesawat, lainnya bervariasi, ada yang Ujung Pandang, Balikpapan, Samarinda, Pekan Baru, Batam, Palangkaraya, Bali dan Medan,” jelas Pandu menambahkan jumlah penumpang mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding masa larangan mudik.

Pihaknya memprediksi jumlah penumpang di YIA akan stabil di angka 6.000 setidaknya sampai 24 Mei mendatang. Pengelola YIA telah mengantisipasi dengan memperketat protokol kesehatan di kawasan bandara. Selain itu juga memastikan pengguna jasa penerbangan telah mengantongi syarat perjalanan selama masa pandemi berupa dokumen negatif COVID-19 dengan masa berlaku 1×24 jam.

Nucita Yolanda (23) penumpang pesawat dari Lampung mengaku memilih moda transportasi pesawat agar lebih cepat sampai tujuan. Seperti diketahui, pada masa larangan mudik Lebaran 2021, YIA mengurangi jam operasionalnya. Jika sebelumnya beroperasi mulai pukul 07.00-12.00 WIB maka sejak Selasa (18/5) jam operasi kembali normal yaitu pukul 07.00-19.00 WIB. (Rul)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *