Percepat Izin Investasi, Bahlil: Nggak Pakai Amplop-amplop!

Jakarta – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menegaskan wajah perizinan investasi di Indonesia sudah berubah dan lebih transparan. Tak ada lagi sogok atau suap sebagai pelicin agar izin diperlancar.

Hal itu disampaikan Bahlil dalam acara peletakan batu pertama pabrik Nestle Bandaraya di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

“Izin-izin kita nggak persulit lagi. Contoh Nestle ini kita urus kalau tidak salah. Nestle ini salah satu perusahaan contoh yang tim BKPM mengurus, ini nggak lama-lama, nggak pakai duit-duit ini, jadi ini nggak pakai amplop-amplop, kita sudah harus berubah. Ini adalah yang dimaksudkan oleh Bapak Presiden untuk bagaimana mengarah kepada transparansi,” katanya yang disiarkan melalui saluran YouTube BKPM, Kamis (20/5/2021).

Perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada semua pihak, khususnya jajaran di pemerintahan, dijelaskannya jangan menahan izin pelaku usaha.

“Menahan izin itu sama dengan menahan lapangan pekerjaan, menahan izin itu sama dengan menahan laju pertumbuhan ekonomi, dan menahan izin itu sama dengan menahan pendapatan daerah maupun pendapatan negara,” tutur Bahlil.

Bahlil menjelaskan Indonesia membutuhkan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Diketahui bersama, pandemi virus Corona (COVID-19) telah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia terpuruk.

“Tahun ini pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi kita 5% dan karena itu proses ini harus dilakukan secara sungguh-sungguh. Kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional kita 60% dari sektor konsumsi dan 30% itu dari sektor investasi. Tetapi kalau pertumbuhan ekonomi kita akan tinggi di atas 5% maka yang bisa digenjot adalah investasi,” tambah Bahlil.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *