UMKM Jadi ‘Bahan Bakar’ Ekonomi RI Biar Ngegas Terus

Magelang – Jenis usaha dan produk usahanya sangat beragam serta melibatkan warga masyarakat.

“Saya ingin menegaskan lagi UMKM merupakan pilar penting kebangkitan ekonomi kita. Usahanya tersebar di seluruh pelosok Tanah Air, jenis usaha dan produknya juga sangat beragam melibatkan banyak warga sekitar, menciptakan lapangan kerja baru dan mampu menyerap banyak tenaga kerja,” kata Jokowi saat membuka Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Festival Joglosemar, Artisan of Java secara virtual di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kamis (20/5/2021).

Jokowi ingin momentum Kebangkitan Nasional ini mempercepat kebangkitan produk-produk buatan Indonesia. Kebangkitan produk-produk UMKM yang mampu menghasilkan berkualitas tinggi.

“Kita ingin mengisi momentum kebangkitan nasional ini dengan mempercepat kebangkitan produk-produk buatan Indonesia. Kebangkitan produk-produk UMKM kita yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, menguasai pasar pasar dalam negeri lebih kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas,” katanya.

Jokowi mengatakan setahun lalu telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Untuk itu, pihaknya berharap setahun hasilnya semakin nyata dan kelihatan kemajuannya.

“Setahun yang lalu kita telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, saya harapkan setelah setahun hasilnya semakin nyata, semakin kelihatan kemajuannya,” pintanya.

“Kita ingin jumlah UMKM kita yang on-boarding ke platform e-commerce makin meningkat secara signifikan, peningkatan e-commerce pasti akan berdampak juga pada pergerakan ekonomi offline sehingga perputaran ekonomi bergerak dari bawah, bergerak dari pinggiran di berbagai pelosok Indonesia secara merata dan berkeadilan,” tegasnya.

Jokowi berharap, untuk mendukung kemajuan UMKM semua pihak terlibat dan ikut bergerak. Kemudian memberikan tempat terbaik bagi UMKM.

“Untuk mendukung kemajuan UMKM, saya harap semua pihak terlibat dan ikut bergerak, beri tempat-tempat terbaik bagi UMKM kita. Untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya, tempatkan produk-produk UMKM di etalase terdepan pusat-pusat perbelanjaan, produk-produk UMKM harus lebih banyak mengisi bandara, rest area, tempat wisata dan tempat-tempat lainnya,” tuturnya.

“Siapkan lebih banyak ruang dan event virtual yang menarik agar produk UMKM kita semakin dikenal dan diminati agar masyarakat cinta dan bangga pada produk-produk Indonesia bukan hanya saat festival saja, bukan hanya di festival Joglosemar saja, bukan pula hanya di kawasan Joglosemar, tetapi kebangkitan produk dalam negeri Indonesia di pasar nasional dan kompetitif di pasar global dan kebangkitan UMKM untuk naik kelas,” pinta Jokowi.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *