Pasca Lebaran, Hunian Hotel Membaik

YOGYA, KRJOGJA.com – Pasca Lebaran dan berakhirnya masa larangan mudik dan penyekatan tingkat hunian hotel sedikit membaik. Kebijakan-kebijakan pemerintah yang mendadak dan berubah-ubah membuat hotel dan restoran tidak bisa bergerak pada libur Lebaran kemarin hingga okupansi ambyar.

“Weekend ini rata rata tingkat hunian 30%, dibandingkan periode larangan mudik dan penyekatan itu menjadi tingkat hunian terparah dimasa libur lebaran yang hanya mencapai rata rata 7%,” tutur Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Herryadi Baiin kepada KRJOGJA.com, Minggi (23/5/2021) malam.

Herryadi yang juga Wakil Ketua Bidang Perhotelan PHRI (Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia) DPD DIY mengakui area Resort menjadi pilihan favorit saat libur lebaran karena staycation di hotel resort lebih dapat dinikmati daripada city hotel atau hotel yang berada di tengah kota. “Pasca lebaran diharapkan kegiatan kegiatan pemerintah baik tingkat kementrian ataupun dinas dinas dapat berjalan sesuai anggaran dan dapat dilaksanakan di hotel hotel yang sudah bersertifikat CHSE,” ujarnya.

Sedang Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono menjelaskan kebijakan yang berubah-ubah membuat bisnis hotel dan restoran tidak bisa berjalan karena mengandalkan pergerakan manusia atau mobilitas manusia. “Penyekatan-penyekatan yang berubah-ubah kriterianya dan lain-lain pada Lebaran kemarin membuat orang mau berpergian, bingung dan akhirnya cancel/menunda,” ujarnya.

Padahal biasanya selama Libur Lebaran, hotel dan restoran selalu full booked. “Justru saat ini setelah libur Lebaran atau setelah 17 Mei baru ada kenaikan okupansi,” ujarnya.

Disebutkan saat ini terobosan yang coba dilakukan PHRI untuk mendongkrak okupansi masih dengan program promo stay at Jogja, paket sepeda wisata, “Juga beberapa hotel untuk karantina 5 hari PMA dan pemudik yg blm diterima di desa/kampungnya, kemudian ada, paket Syawalan dan lainnya,” ucap Deddy. (Vin)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *