Investasi Perumahan di Kulonprogo Punya Prospek Cerah

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Investasi properti/perumahan di Kabupaten Kulonprogo masih memiliki prospek yang cerah. Sampai saat ini sudah ada 28 komplek perumahan, total semuanya meliputi 3.031 unit.

“Untuk mengurus perizinan pun bisa dilakukan melalui online. Pengajuan izin melalui aplikasi Online Sigle Submission (OSS) sangat mudah, bahkan mengurus izin tidak perlu datang ke dinas, tetapi proses pengurusan izin bisa dilakukan dari rumah atau kantor,” kata Agung Kurniawan SIP MSi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulonprogo, Jumat (28/05/2021).

Untuk menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), kata Agung, DPMPT sudah mengembangkan SIM Bangunan Gedung (BG). Apabila sudah benar dan lengkap, serta membayar retribusi melalui sistem sesuai ketentuan yang berlalu, IMB dapat dicetak sendiri tanpa harus datang ke DPMPT,” ucapnya.

Dijelaskan, lokasi perumahan terbanyak di kawasan dekat perkotaan, seperti Wates, Pengasih dan Sentolo. “Dalam suasana pandemi, jumlah investasi perumahan cenderung stagnan,” ujar Agung sambil menambahkan bahwa di Kulonprogo ada perumahan untuk segmen Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau perumahan bersubsidi, menengah dan kelas atas.

Sementara itu, jumlah investasi di Kulonprogo tahun 2019 sebesar Rp 10,867 triliun, sedangkan tahun 2020 sebesar Rp12,753 triliun atau terjadi peningkatan sebesar 1,73 persen. (Wid)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *