Tahu Bedanya Coworking Space, Serviced Office dan Virtual Office?

Jakarta – Istilah ruang kerja bersama seperti virtual office, coworking space dan service office ramai seiring perkembangan zaman.

Tapi ketiga istilah ini sebenarnya punya perbedaan. Ada yang bisa digunakan untuk bisnis rintisan sampai yang ingin berhemat juga ada jenisnya. Berikut perbedaanya:

Virtual office

Managing Partner Boutique Office Indonesia Grace Hakim menjelaskan, virtual office adalah kantor dengan alamat profesional tanpa ruangan fisik tetapi masih memiliki layanan dasar. Misalnya seperti penerimaan dan layanan penerusan panggilan sehingga Anda dapat mengelola aktivitas bisnis perusahaan dalam lingkungan bisnis yang eksklusif.

“Virtual office ini cocok untuk solopreneurs, business travellers, start-up companies, company registration address,” kata dia.

Coworking office

Coworking office adalah ruang kerja yang digunakan secara bersama sama oleh oranglain atau perusahaan berbeda dalam satu tempat. Para pengguna coworking office ini bisa saling berbagi atau berkolaborasi untuk mengembangkan bisnis masing masing. Karena digunakan bersama, biasanya desain ruangan dibuat lebih santai.

Menurut Grace, para pengguna Coworking office ini lebih disenangi para startup yang memang mencari kolaborasi, atau para pekerja yang memiliki bisnis sampingan.

Serviced Office

Satu lagi yaitu Serviced Office adalah sebuah kantor fisik siap pakai dengan lingkungan kerja lebih formal, profesional, dan private. Berbeda dengan Coworking Office yang terkesan kurang formal. Karena siap pakai, Serviced Office sudah dilengkapi dengan berperabotan lengkap dan peralatan kantor lainnya.

Di Boutique Office sendiri, menurut Grace Hakim, layanan Serviced Office ini selain berperabotan lengkap, juga termasuk utilitas, broadband internet berkecepatan tinggi, dukungan kesekretariatan, layanan resepsionis, penanganan surat, penanganan panggilan telepon, ruang rapat, pilihan sewa yang fleksibel, akses ke business lounge; kopi / teh / air gratis, acara reguler, pembersihan harian, dan pada masa pandemi ini juga menerapkan social distancing, kebijakan wajib penggunaan masker, dan ruang kerja sanitasi.

Boutique Office sendiri memiliki dan mengelola persewaan kantor sejak 2011 memiliki kantor di Jakarta Barat yaitu di 16th Floor, APL Tower, Podomoro City, Jakarta, dan Jakarta Airport 5th Floor, CBC Gallery, Cengkareng Business City, Tangerang.

Grace menyebut Boutique Office dikenal dengan layanan Service Office terbaik di Jakarta dan daerah Bandara Soekarno Hatta, dapat menampung 1-50 + orang dan tersedia untuk pilihan tergantung pada kebutuhan kantor. Harga sewa dimulai dari Rp6 juta per bulan, biaya yang jauh lebih ringan daripada menyewa ruko yang memiliki harga sewa mahal belum lagi dengan biaya menggaji tenaga adminstrasi atau biaya kantor lainnya.

Sementara untuk Virtual Office, Boutique Office dimulai dari harga Rp 400 ribu per bulan, dan Anda akan mendapatkan alamat bisnis bergengsi, izin domisili, penanganan surat menyurat tak terbatas, menjawab panggilan, pemberitahuan melalui email, akses ke fasilitas ruang pertemuan, dan dukungan administrasi secara profesional.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *