DIY Siap Terapkan PPKM Darurat, Sultan: Sudah Ada Anggarannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah bersiap menerapkan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli mendatang termasuk untuk wilayah DIY, akibat kasus penularan Covid-19 yang melonjak tinggi. Beredar kabar pengetatan dilakukan untuk membatasi mobilitas masyarakat demi menurunkan penularan yang kini seolah tak terkendali.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan pihaknya siap menerapkan aturan pusat apabila nanti benar-benar diputuskan pusat. Hari ini seturut rencana Presiden Jokowi akan memutuskan hal tersebut dan DIY masih menanti kebijakan akhir.

“Belum ada keputusan presiden nanti baru hari Kamis (1/7/2021). Kalau diputuskan harus melaksanakan, (terkait anggaran) itu kan kita sudah ada anggaran penanganan Covid. Baru kalau nanti kurang rembugan lagi sama DPRD. Belum ada arahan dari pusat soal itu,” ungkap Sultan di DPRD DIY, Rabu (30/6/2021).

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menambahkan pemda DIY akan melaksanakan apapun keputusan pemerintah pusat nantinya. DIY sebelumnya sudah memberikan saran masukan dalam rapat daring dengan pemerintah pusat.

“Prinsipnya, keputusan pusat seperti apa, DIY akan melaksanakan dengan sebaik mungkin,” tandas Baskara Aji.

Beberapa upaya sebenarnya sudah dilakukan pemda DIY untuk mengatasi masifnya penularan virus Corona. Namun begitu tampaknya upaya belum maksimal karena kasus harian di DIY terus memecahkan rekor harian baik positif maupun kematian hingga 30 Juni kemarin.

Data Dinas Kesehatan DIY, kasus positif 30 Juni mencapai angka 892 dengan kematian 30 kasus dan kesembuhan 351 kasus. Jumlah kasus positif aktif DIY pun kini menembus angka 10 ribu, yakni 10.367 yang membuat Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit dan shelter isolasi penuh. (Fxh)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *