Respon Positif PPKM Darurat, Seluruh Destinasi Wisata di DIY Dipastikan Tutup Sementara

YOGYA, KRJOGJA.com– Dinas Pariwisata (Dispar) DIY meminta dan memastikan seluruh destinasi wisata yang dikelola pemerintah, swasta, maupun masyarakat di DIY tutup sementara sejak 3 Juli 20 Juli 2021. Hal ini sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) DIY No. 17/INSTR/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di DIY untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

“Saya mengajak kepada semua pengelola destinasi wisata dan pelaku pariwisata agar menjalankan kebijakan ini secara disiplin. Semua ini demi keberlangsungan kepariwisataan DIY ke depan yang lebih baik,” ujar Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo di Yogyakarta, Minggu (4/7/2021).

Singgih menyatakan upaya pemberlakukan PPKM Darurat ini diharapkan akan membawa dampak yang besar, khususnya pada penurunan transmisi dan jumlah terkonfirmasi positif virus Korona di DIY. Ingub tersebut mengatur fasilitas umum baik area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya di tutup sementara.

“Termasuk kegiatan seni/budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan seperti lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan ditutup sementara,” imbuhnya.

Menurutnya kebijakan PPKM Darurat ini direspon para pelaku industri pariwisata dengan cukup baik, khususnya penutupan sementara destinasi wisata yang ada di seluruh wilayah DIY. Pihaknya pun akan melakukan monitoring dan berkoordinasi Dispar maupun Pemerintah Kabupaten/Kota selama pelaksanaan PPKM Darurat.

“Respon dari pelaku dan pengelola wisata ini perlu didukung dan diapresiasi. Semoga keikhlasan mereka membawa perubahan besar pada penurunan kasus Covid-19. Bersama kita menyehatkan bumi dan seisinya dengan menjadi subjek aktif pencegahan penyebaran virus Korona,” terang Singgih.

Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY Bobby Ardyanto Setyo Ajie menyampaikan seluruh destinasi wisata di DIY tidak beroperasi atau tutup. Pelaku industri wisata sepakat perlu ada penanganan yang tepat guna menekan laju penyebaran virus Covid-19.

“GIPI DIY sepakat apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan tidak ada aktivitas apapun selama dua pekan kedepan.PPKM Darurat ini akan berhasil jika semua pihak dapat mentaati peraturan-peraturan tersebut. Kuncinya adalah konsistensi serta monitoring dan evaluasi (monev) supaya pengorbanan yang sudah dilakukan industri pariwisata jangan sampai ini mubazir,” ungkapnya. (Ira)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *