Penyekatan Jalan Masih Dilakukan, Warung Makan dan Lesehan di DIY Boleh Makan Di Tempat Maksimal 20 Menit

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mulai menerapkan pelonggaran aturan dalam PPKM Level 4 yang akan berjalan hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Beberapa kebijakan diterapkan di antaranya perbanyak tracing, testing kontak positif juga pelonggaran aturan sosial ekonomi masyarakat.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan pihaknya mengeluarkan Instruksi Gubernur yang telah ditandatangani hari ini. Beberapa pelonggaran dilakukan meski tetap dengan upaya pencegahan penularan virus di level masyarakat.

“Untuk penyekatan (jalan) masih akan dilakukan dengan penyesuaian. Ini satu-satunya upaya agar mobilitas masyarakat bisa kita minimalisir. Kita melihat data ini yang ada di rumah (kelurahan) mulai turun lagi dari 19 persen ke 13 persen, masih di kelurahan tapi tidak di rumah, pindah kumpulnya. Ini yang kita antisipasi,” ungkapnya pada wartawan, Senin (26/7/2021).

Sementara, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menambahkan saat ini kebijakan sektor sosial ekonomi sedikit dilonggarkan di antaranya bagi warung makan dan lesehan pedagang kaki lima. Kini, warung makan memperbolehkan warga makan di tempat dengan aturan maksimal 3 orang dan dalam waktu 20 menit.

“Jam operasionalnya tetap, warung sampai jam 20.00 WIB. (PKL berharap sampai jam 24.00) sebenarnya kita sudah negosiasi dengan pusat namun diharapkan DIY mengikuti aturan Mendagri, ya harapannya kita semua bisa bersabar,” sambung Baskara Aji.

Untuk tempat makan di lokasi tertutup seperti mall atau gedung, aturan yang ditetapkan masih sama yakni kewajiban take away tak boleh makan di tempat. Demikian juga dengan ruang publik (taman, tempat wisata, tempat ibadah) masih ditutup untuk sementara ini. (Fxh)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *