Sultan HB X Ingatkan Pentingnya Vaksinasi dan Isolasi di Selter

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) bersama Korem 072/Pamungkas di Kagungan Dalem Bangsal Sasana Hinggil, Alun-Alun Selatan Kraton Yogyakarta, Selasa (27/07/2021).

Vaksinasi massal bertema ‘Lawan Pandemi dengan Vaksinasi, Tetap Optimis dan Gagah Berani Demi Kejayaan NKRI’ itu berlangsung selama lima hari, 27, 29, 30, 31 Juli dan 1 Agustus 2021 dengan target 5.000 peserta. Vaksinasi massal ini terbuka bagi semua warga masyarakat termasuk yang ber-KTP luar DIY, berusia 12-18 tahun dan dewasa.

Setelah dari Sasana Hinggil Kraton Yogyakarta, vaksinasi GKR Indonesia berikutnya rencana bakal digelar secara bertahap di Kapanewon dan Kalurahan se-DIY mulai Agustus 2021.

Sultan HB X mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19, karena merupakan salah satu upaya strategis untuk menekan angka kasus positif. Menurut Sultan, berdasarkan studi di DKI, kondisi (tingkat keparahan) orang yang sudah divaksin, sangat berbeda dengan orang yang belum divaksin ketika sama-sama positif Covid-19.

“Pemda DIY konsentrasi ke situ (percepatan program vaksinasi) untuk mengurangi angka kasus positif Covid-19,” kata Sultan didampingi Permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas usai meninjau jalannya vaksinasi.

Hal lain yang tidak kalah penting, menurut Sultan, adalah memindahkan pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (Isoman) di rumah ke selter-selter yang telah disediakan oleh Pemda yang memiliki fasilitas. Pasalnya saat warga isoman di rumah, tidak ada yang mengontrol kesehatannya.

“Jadi konsentrasi kami (Pemda DIY) di situ, perbanyak vaksinasi dan warga isoman kita minta pindah ke shelter yang telah kita sediakan dengan fasilitas yang ada, supaya jumlah penderitanya turun,” kata Sultan.

GKR Hemas menghimbau agar warga masyarakat yang belum berkesempatan divaksin untuk segera mengakses layanan-layanan kegiatan vaksinasi yang ada. Ia juga mengajak mengajak seluruh komponen bangsa yang memiliki potensi menggelar vaksinasi dapat turut membantu upaya Pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

“Saatnya rasa cinta tanah air dan bela negara diwujudkan dalam semangat gotong royong memasifkan program vaksinasi bagi masyarakat luas,” tegasnya. (Dev)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *