Kabar Baik, Jumlah Pasien Covid DIY Berkurang Hari Ini

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus harian Covid-19 DIY menurun sedikit demi sedikit, seperti terlihat dari data Dinas Kesehatan DIY, Senin (16/8/2021). Tercatat tambahan kasus positif 702, kesembuhan 1.181 dan pasien meninggal dunia 36 jiwa.

Hari ini DIY terdata menguji sample swab antigen dan PCR pada 3.027 orang di mana 702 orang di antaranya positif. Terdata, kasus aktif Covid DIY saat ini 26.193.

Juru Bicara Satgas Covid-19 DIY Bidang Kesehatan, Berty Murtiningsih mengatakan pengurangan jumlah kasus harian turut mempengaruhi Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit rujukan. Kini baik BOR kritikal maupun non kritikal terisi kurang dari 50 persen kapasitas.

“Untuk non kritikal terpakai 1.105 dari 2.379 (46,4 persen), untuk kritikal terpakai 158 dari 344 (45,9 persen),” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji juga menjelaskan adanya tren penurunan pasien positif di DIY. Ia menjelaskan fasilitas isolasi terpusat kini dalam posisi tidak penuh, sehingga eks Hotel Mutiara yang disiagakan belun terpakai.

“Di BBWSO masih kosong, lalu di UC UGM juga masih kosong. Jadi memang Mutiara belum digunakan, meski semua sudah siap termasuk instalasi listrik dan bed,” ungkapnya ditemui di DPRD DIY.

Pemda DIY menurut Baskara Aji tetap bersiap menghadapi kemungkinan-kemungkinan tak menyenangkan kedepan terkait Covid. Selain fasilitas isoter, DIY kini punya tiga generator oksigen yang bisa memproduksi oksigen kesehatan bagi rumah sakit rujukan dan masyarakat. (Fxh)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *