PPKM Diperpanjang Bakal Picu IHSG Melambung pada 24 Agustus 2021, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (23/8/2021).Hal ini menyusul sentimen positif dari perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 hingga 30 Agustus 2021.

Akan tetapi, ada sejumlah wilayah yang level PPKM turun ke level 3 seperti di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Head of Investment Research PT Infovesta Utama, Wawan Hendrayata menuturkan, IHSG bakal menguat karena data kesehatan dalam hal ini kasus COVID-19 sudah lebih baik. Dengan demikian level PPKM diturunkan.

“Positif, aktivitas masyarakat dapat dimulai baik untuk pertumbuhan ekonomi,” ujar Wawan saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, IHSG akan bergerak di kisaran 6.100-6.200 pada Selasa pekan ini. Hal senada dikatakan Analis PT Kiwoom Sekuritas Sukarno Alatas. Perpanjangan PPKM dengan sejumlah wilayah ada yang diturunkan levelnya, menurut Sukarno berdampak positif untuk IHSG. Hal ini menurut dia, seiring kasus harian COVID-19 yang dapat dikontrol dan ditekan.

Pada Senin, 23 Agustus 2021, tim satuan tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan 9.604 orang dinyatakan positif COVID-19. Sementara itu, tambahan kasus sembuh sebanyak 24.758 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia karena COVID-19 sebanyak 842 orang.

“Untuk seberapa kuat dampaknya kita tunggu besok lagi. Bisa jadi hanya direspons hari ini untuk nextnya masih banyak faktor yang tetap membuat indeks tertekan,” kata Sukarno.

Untuk sektor saham yang akan berdampak seiring PPKM level diturunkan di sejumlah wilayah meski diperpanjang, menurut Sukarno antara lain sektor ritel dan mal.

Sedangkan Wawan menilai, sektor keuangam, consumer goods dan ritel akan terdampak dari perpanjangan PPKM meski level diturunkan di sejumlah wilayah.

Sumber : Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *