Minum Kopi Setiap Hari? Waspadai 5 Efek Samping Ini

Jakarta – Sebenarnya kopi bisa menyehatkan tubuh kalau dikonsumsi secara tepat. Kalau kamu mengonsumsi kopi setiap hari, kamu harus memerhatikan efek sampingnya bagi kesehatan.

Kopi, minuman yang umum dikonsumsi setiap hari. Punya rasa pahit nutty, namun banyak yang menggemarinya karena kandungan kafein pada kopi dapat berperan dalam meningkatkan energi. Tak heran kalau kopi jadi minuman favorit saat sarapan.

Sebenarnya kopi dapat dikonsumsi setiap hari dengan batasan maksimal sebanyak 400 miligram. Namun, untuk mereka yang intoleransi terhadap kafein, harus waspada terhadap efek samping dari kopi.

Dilansir dari Eat This (30/3), minum kopi ternyata dapat memberikan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. Seperti mengubah hormon hingga masalah kesehatan perut.

Berikut 5 efek samping minum kopi setiap hari yang perlu diwaspadai.

1. Dapat Mengubah Hormon

Konsumsi kopi setiap hari dengan jumlah yang banyak ternyata dapat mempengaruhi perubahan hormon seseorang, terutama untuk wanita. Barbie Boules seorang ahli diet menjelaskan bahaya kopi yang dapat mengubah hormon wanita.

Boules kerap mendapatkan klien seorang wanita yang usianya rata-rata 40 tahun dan mereka mengaku mengalami perubahan hormon yang drastis. Kafein pada kopi dapat memperburuk hormon pada tubuh.

“Di usia paruh baya, ketika estrogen, progesteron, dan testosteron mulai tidak menentu, serta kecemasan dan jantung berdebar memang hal yang biasa dirasakan,” ujar Boules.

“Namun kafein bisa makin memperparah keadaan tersebut,” lanjutnya.

2. Jadi Sulit Tidur

Diketahui kalau kopi mengandung kafein yang tinggi. Untuk mereka yang membutuhkannya, kopi bisa menjadi penyelamat karena dapat membangkitkan energi. Namun, kalau mengonsumsi kopi terlalu banyak juga dapat memberikan masalah pada kesehatan.

Hal ini dijelaskan oleh Amy Gorin selaku ahli diet. Ia mengatakan kalau minum kopi setiap hari dapat menyebabkan masalah pada kualitas tidur seseorang. Orang tersebut akan mengalami sulit tidur dan berakhir mengidap insomnia.

Gorin menyarankan untuk tidak minum kopi 3-6 jam sebelum tidur. Karena, itu akan membuatmu terjaga sehingga akan merasa sulit tidur.

3. Menimbulkan Masalah Pada Kesehatan Perut

Minum kopi secara tepat dapat memberikan manfaat pada kesehatan saluran kemih. Karena akan membantumu cepat buang air kecil, bahkan memperlancarnya. Namun, kalau mengonsumsinnya terlalu banyak juga dapat menimbulkan masalah pada kesehatan perut.

Seperti menimbulkan diare hingga menyebabkan asam lambung naik. Buat kamu yang memiliki masalah pada kesehatan lambung, sebaiknya kurangi asupan kopi atau bahkan tidak mengonsumsi sama sekali.

4. Menyebabkan Kelelahan

Alih-alih meningkatkan energi di sore hari, ternyata minum kopi di sore hari malah menyebabkan masalah kesehatan. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan hal tersebut.

Minum kopi di sore hari malah membuatmu susah tidur dan menyebabkan kelelahan. Energimu mungkin akan meningkat, namun hanya berlaku sebentar saja.

Boules menyarankan untuk berhenti minum kopi pada sore hari. Ia menyarankan alternatifnya dengan mengonsumsi makanan mengndung serat, protein tanpa lemak, atau makanan yang mengandung lemak sehat.

5. Membuat Kecanduan

Penikmat kopi pasti tidak bisa tanpa mengonsumsinya setiap hari. Minimal mereka harus mengonsumsi secangkir kopi setiap harinya.

Bagi mereka yang terbiasa mengonsumsi kopi setiap hari pasti akan ada yang kurang kalau tiba-tiba melewatkan konsumsi satu hari. Pasti mereka akan merasakannya dalam bentuk sakit kepala, mudah marah, dan rasa kantuk yang berlebihan.

Hal tersebut dapat dirasakan karena mereka sudah kecanduan terhadap kopi. Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah studi pada tahun 2012 di Drug and Alcohol Dependence yang menemukan gejala flu, kelelahan, mual, dan sakit kepala, setelah 16 jam pantang minum kopi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *