Vaksinasi Wisata Terus Digencarkan dan Disisir

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bersama Dispar Kabupaten/Kota se-DIY tengah mempersiapan kembali reaktivasi pariwisata jika telah mencapai kekebalan komunal dan diizinkan beroperasional kembali nantinya. Upaya reaktivasi pariwisata DIY ini yaitu mempersiapkan destinasi wisata dengan memastikan dan mengecek sarana prasarana (sarpras) pendukung protokol kesehatan di lokasi betul-betul berjalan baik dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku wisata guna mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity.

“Kami tengah gencar-gencarnya melakukan vaksinasi Covid-19 pelaku pariwisata di DIY supaya aman dan imun untuk melindungi diri dan orang lain. Jika sudah divaksin pun bukan jaminan tidak terinfeksi virus Korona, tetapi jika terinfeksi tidak terlalu parah. Ini merupakan bagian dari kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) kita, agar destinasi wisata di DiY sehat, aman dan nyaman dikunjungi,” tutur Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo di Yogyakarta, Minggu (5/9/2021).

Singgih menyampaikan masifnya pelaksanaan vaksinasi wisata di DIY yang hampir dilakukan setiap hari ini membuahkan hasil. Capaian pelaksanaan vaksinasi wisata di DIY pun cukup tinggi di kisaran 80 hingga 90 persen, namun pihaknya tidak berhenti dengan melakukan penyisiran setiap harinya. Bahkan jika ada kuota, masyarakat umum dipersilahkan ikut serta dalam vaksin wisata yang sudah berkali kali digelar dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 hingga 80 persen.

“Kita hampir setiap hari melakukan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku pariwisata beserta keluarganya dan masyarakat sekitar destinasi wisata. Jika belum 80 persen maka destinasi wisata belum dibuka maka akan terlalu lama tutup, jadi silahkan masyarakat umum bergabung dalam vaksinasi wisata selama kuotanya masih ada,” tandasnya.

Dispar DIY mengaku masih mempunyai stok vaksin yang bisa digerakan untuk pelaksanaan vaksinasi di kabupaten/kota. Pihaknya menargetkan vaksinasi wisata tidak hanya memenuhi persentase vaksin pelaku wisata semata tetapi dapat mencapai target vaksinasi bagi penduduk DIY supaya pariwisata bisa dibuka dan ekonomi bangkit kembali. Sehingga, Dispar DIY tidak henti-hentinya berupaya menggelar vaksinasi wisata sejak Agustus lalu dilanjutkan September ini.

“Pemda DIY memberikan bantuan penyiapan reaktivasi pariwisata bagi destinasi wisata yang tersebar di wilayah DIY berupa perlengkapan pendukung protokol kesehatan seperti sabun cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan, masker dan sebagainya,” imbuhnya.

Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokoler (UHP) Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menyatakan data cakupan vaksinasi Covid-19 di DIY terus bergerak karena Pemda DIY tengah fokus melakukan percepatan vaksinasi agar segera mencapai mencapai target sasaran yang ditetapkan. Data capaian vaksinasi Covid-19 di DIY dengan total sasaran 2.879.699 orang yaitu vaksin dosis pertama mencapai 1.758.282 orang atau 61,06 persen dan vaksin dosis kedua mencapai 775.150 orang atau 26,92 persen pada 4 September 2021.

“Cakupan vaksinasi dosis 3 bagi tenaga kesehatan (nakes) di DIY telah mencapai 20.457 nakes atau 60,53 persen. Kelompok sasaran yan masih rendah capaian cakupan vaksinasinya di DIY yaitu umum dan remaja baik dosis satu maupun dosis dua, sehingga kita berupaya terus genjot pelaksanaannya,” pungkasnya. (Ira)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *