PPKM DIY Turun Level 3, Bed Pasien Covid Tetap Disiagakan

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah kasus harian Covid DIY terus menurun dalam sepekan terakhir. Pemerinta pusat, Senin (6/9/2021) akhirnya menurunkan level PPKM DIY dari 4 menjadi 3 mulai hari ini.

Menko Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan memberikan penjelasan secara langsung melalui tayangan Youtube Sekretariat Negara malam tadi. Luhut menyebut DIY berhasil mengendalikan kasus Covid sebagai kawasan aglomerasi dan akhirnya menurunkan level PPKM.

Sebelumnya, Sekda DIY menyatakan bawasanya seturut perhitungan jumlah kasus dan okupansi tempat tidur rumah sakit rujukan Covid, dipastikan DIY turun ke level 3. Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit rujukan DIY per Senin (6/9/2021) tercatat sebesar 25,51 persen untuk non kritikal dan 39,67 persen untuk kritikal.

Untuk positivity rate sendiri juga mengalami penurunan menjadi 4,69 persen per Senin ini. DIY melakukan tes pada 4.225 orang dan menemukan adanya 198 kasus baru.

Baskara Aji menyebutkan bahwa pihaknya tetap akan mengalokasikan BOR rumah sakit rujukan Covid tanpa mengubah menjadi bed reguler untuk pasien umum. Hal tersebut sebagai antisipasi ketika terjadi lonjakan tak terduga seperti dua bulan silam.

“Kita akan tetap tahan dulu BOR untuk jaga-jaga apabila kasus naik lagi. Kita tetap dedikasikan BOR untuk Covid,” ungkapnya ditemui di DPRD DIY.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana yang berharap seluruh pihak tetap ketat menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Terlebih, sejak akhir pekan lalu Yogyakarta sudah ramai dikunjungi pelancong mayoritas dari luar daerah.

“Kami mengingatkan, kita semua untuk tetap harus hati-hati ketat pada prokesnya. Jangan seolah kemudian PPKM mau selesai semua terjebak euforia dan justru malah naik lagi (kasus Covid) nanti,” ungkapnya. (Fxh)

Sumber : KR Jogja


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/proper36/public_html/propertirumahjogja.com/wp-content/themes/flatsome/inc/shortcodes/share_follow.php on line 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *