Tumbangnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp Senin Malam Jadi yang Terparah Sejak 2019

Liputan6.com, Jakarta – Layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down sejak Senin (4/10/2021) malam, sekitar pukul 23.06 WIB.
Butuh waktu hingga enam jam bagi Facebook untuk memperbaiki seluruh layanannya yang down hingga kembali online, keesokan paginya, Selasa (5/10/2021), sekitar pukul 05.00 WIB.

“Ini merupakan pemadaman terparah Facebook sejak tumbangnya layanan pada 2019 silam. Insiden membuat situs Facebook offline selama lebih dari 24 jam,” kata The Verge dalam laporannya, dikutip Selasa (5/10/2021).

Menurut The Verge, Facebook down di 2019 paling parah karena selain waktu penanganan yang cukup lama, bisnis kecil dan kreator yang mengandalkan layanan Facebook turut terdampak dalam mendapatkan penghasilan.

Ini bukan pertama kalinya Facebook, Instagram, dan WhatsApp down tahun 2021. Sebelumnya tujuh bulan lalu, tepatnya pada Maret 2021, layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down bersamaan.

Saat itu sejumlah warganet mengeluhkan layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook down. Begitu juga dengan aplikasi chatting Messenger yang ikut tumbang.

Layanan Facebook cs saat itu tidak bisa di-refresh dan pengguna juga tidak bisa mengunggah pos. Namun saat itu tidak semua pengguna mengalami gangguan mengakses Facebook. Pasalnya Facebook down hanya terjadi di sejumlah negara di Eropa, Australia, Asia, Afrika, dan Asia Tenggara.

Sementara pada tumbangnya Facebook yang terjadi 4 dan 5 Oktober 2021 ini, terjadi dan dirasakan oleh mayoritas pengguna di semua negara di dunia. Hal inilah yang membuatnya jadi gangguan Facebook terparah sejak 2019.
Terjadi di Seluruh Dunia

Sebelumnya, layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Senin (4/10/2021), pukul 23.06 WIB, ada ribuan laporan yang masuk dari dari pengguna.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal datang dari berbagai negara di dunia.

Saat berita ini di publish, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down sendiri ada sekitar 54 ribuan.

Untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Saat kami coba, mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di refresh dengan tulisan “couldn’t refresh feed.”
Keluhan Warganet

Sementara itu, pengguna internet ramai-ramai mengeluhkan layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down.

Keluhan warganet diutarakan melalui media sosial Twitter hingga menjadi trending topik di Indonesia dan dunia, Senin (4/10/2021) malam.

Keluhan WhatsApp down dicuitkan hingga lebih dari 800 ribu kali. Sementara warganet ramai mencuitkan tagar #Instagramdown hingga lebih dari 50 ribu kali.

Sumber : Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *