Musim Libur Natal, Ternyata Tak Terjadi Lonjakan Penumpang di YIA

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Total jumlah penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) pada H-1 Libur Natal ternyata meleset dari target pengelola sarana transportasi udara tersebut. Lantaran dari perkiraan kenaikan sekitar 9.000 penumpang faktanya hanya sekitar 5.000 orang.

Sebelumnya pengelola YIA memprediksi puncak arus libur natal terjadi pada 24 Desember 2021. “Puncak kepadatan penumpang H-1 natal, tapi jumlah penumpang di YIA sekitar 5.148 penumpang. Artinya total penumpang tidak mencapai 9.000 penumpang seperti yang ditargetkan,” kata Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane, Minggu (26/12/2021).

Mengacu data yang ada, total pergerakan kedatangan penumpang di YIA hanya mencapai 2.796 pax. Sedangkan angka keberangkatan hanya mencapai 2.566 pax. “Sehingga total penumpang pada H-1 Natal sekitar 5.362 penumpang,” ujarnya menambahkan angka tersebut jauh dari kondisi saat 19 Desember 2021 lalu yang mencapai 8.141 pax.

Kendati jumlah penumpang tidak mencapai target tapi manajemen YIA tetap menambah sejumlah fasilitas bagi penumpang seperti penambahan tempat verifikasi aplikasi Peduli Lindungi yang semula lima ditambah menjadi 10. Untuk arus balik, diprediksikan terjadi pada Senin (3/1/2022).

General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengungkapkan, hasil pantauan pada pekan ini jumlah penumpang yang datang maupun berangkat mencapai 8.000 orang dari angka rata-rata sekitar 4.000 penumpang.

“Traffic kami yang sudah mendapat izin sebanyak 150 penerbangan. Tapi saat ini baru 46 penerbangan yang digunakan. Jadi, tidak ada ekstra flight. Tapi maskapai memanfaatkan izin tersebut. Seperti Air Asia yang traffic kembali diaktifkan ke Kualanamu,” ujarnya.

Maskapai lain yang menggunakan slot izin penerbangan di YIA adalah Super Air Jet dengan total penerbangan tiga kali ke Cengkareng. Diperkirakan, total penerbangan selama libur Nataru di YIA 50 pergerakan. (Rul)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *